Artikel Detail

  • Home
  • Kerajinan Gunungan Wayang Jawa dari Logam Tembaga

Kerajinan Gunungan Wayang Jawa dari Logam Tembaga

  • Artikel Detail
  • 24 Januari 2023
image

Gunungan artinya satu bagian berasal pertunjukan wayang. biasanya kegunaannya merupakan menjadi pembuka ataupun epilog asal pertunjukan wayang. Selain itu, gunungan di pertunjukan wayang pula menjadi simbol berasal gunung, pohon, angin, lautan dan  beberapa hal lainnya. Nah, ketika ini, gunungan wayang Jawa sebagai salah satu kerajinan tembaga yang dijadikan menjadi hiasan interior pada rumah.

Wayang adalah cara unik galat seseorang wali songo, yaitu Sunan Kalijaga pada menyampaikan dakwah Islam pada tanah Jawa. sehingga, gunungan wayang Jogja ini mempunyai banyak makna yg tersimpan di dalamnya. membuahkan gunungan tembaga sebagai hiasan interior tempat tinggal serta mengetahui maknanya bisa memberikan kepuasan tersendiri.

Gunungan Wayang Jawa

Dinamakan gunungan karena salah satu benda yg digunakan pada pewayangan ini memang berbentuk mirip gunung. Gunungan dipandang dari segi bentuk segi lima, mempunyai makna bahwa segi lima itu lima saat yang wajib dikerjakan yaitu sholat. Adapun bentuk gunungan meruncing ke atas itu melambangkan bahwa insan hayati ini menuju yg pada atas yaitu Allah SWT.

Kerajinan Gunungan Material Tembaga

selesainya mengetahui kegunaan gunungan atau kayon dalam pewayangan, maka terlihat bahwa gunungan ini dekat sekali menggunakan kultur kebudayaan Jawa. Dinamakan wayang kulit sebab sebenarnya karakter pewayangan termasuk gunungan merupakan produk berasal kulit sapi. tetapi gunungan yang kita bahas ini terbuat asal logam tembaga.

sebab filosofianya, lumrah saja bila gunungan akhirnya dijadikan hiasan gambar di baju, hiasan interior di ruangan dan  lain-lain. Nah, buat anda yang ingin gunungan menjadi hiasan interior ruangan, anda bisa memesannya pada pengrajin kerajinan tembaga pada Cepogo.

Cepogo yang berada pada Kabupaten Boyolali menjadi sentra sentra kerajinan tembaga pada Indonesia. ada banyak pengrajin serta tempat tinggal warga yang dijadikan showroom aneka macam produk kerajinan tembaga. sehingga tampak bahwa daerah ini telah sangat tua dan berpengalaman dalam membuat aneka kerajinan tembaga.

Sejarah kerajinan tembaga cepogo ini tak tanggal dari sejarah Desa Cepogo sendiri. ada sebuah dukuh yg dianggap Tumang. Tumang berasal berasal sebutan Hantu Tumamang yg menurut kepercayaan rakyat setempat pada ketika itu ialah roh halus yg tampak saat prosesi pembakaran mayat. kepercayaan  dan  prosesi ini masih lekat dengan impak Hindu menjadi kepercayaan sebagaian besar rakyat pada waktu itu.

Dukuh Tumah yg berada di Desa Cepogo dan  menjadi sentra pemerintahan desa di saat itu. Suatu ketika, sekitar tahun 1930 M, penguasa Keraton Surakarta Hadiningrat, Pakoe Boewono X mencari salah  satu pusaka keratonnya yg hilang. dari penasehat Raja, pusaka keraton ini kemungkinan berada di Tumang.

Maka, Pakoe Boewono X bersama prajurit berusaha melacak pusaka ini ke Dusun Tumang. usaha ini dilakukan menggunakan mengadakan ritual cara keraton. pada ketika Raja mengambil pusaka yg sudah ditemukan, Raja memperhatikan aktivitas penduduk Tumang.

Para penduduk Tumang pada waktu itu bekerja, salah satunya menjadi jasa perbaikan peralatan rumah tangga. pada waktu itu alat-alat tempat tinggal  tangga mirip indera alat dapur terbuat semuanya dari tembaga. dari sinilah kemudian penduduk setempat dikenal menjadi pengrajin tembaga.

Sebelum bergerak, Raja Pakoe Boewono tak lupa memberikan nasehat kepada penduduk, “Wis terusno, besuk bakal dadi dalan rejekimu”. Nasehat ini dipahami serta mendorong para penduduk buat mengetahui cara memproduksi kerajinan tembaga bahkan sampai generasi anak cucunya kini. pada Desa Cepogo ketika ini akan terlihat banyak kawasan yang memamerkan produk kerajinan tembaga.

Produk Kerajinan Tembaga

ada banyak produk kerajinan tembaga yg sering dilayani sang pengrajin. Beberapa antara lain mirip replika pintu masjid nabawi, bingkai cermin, helm ukir tembaga, bathtub tembaga, lampu gantung hias, air mancur dan  produk-produk lainnya. semua dibuat memakai bahan baku tembaga serta kuningan.

Semoga informasi ini mampu memberikan wawasan dan manfaat buat Anda. Simak terus ulasan banyak sekali produk kerajinan lainnya di www.damaartgallery.com buat pemesanan produk kustom dari logam tembaga dan kuningan, hubungi angka kontak yg terdapat di website secara langsung.

Artikel Lainnya

  • Artikel
  • 20 Juli 2024
10 Pilihan Meja Tembaga Kuning...
  • Artikel
  • 18 Juli 2024
5 Patung Tembaga Kuningan Yang...
  • Artikel
  • 11 Juli 2024
7 Lampu Tembaga Kuningan Yang ...
× Chat with us on WhatsApp